Dwi Ditha Putri

Dwi Ditha Putri

Wednesday, October 1, 2014

Tips Belajar Agar Menjadi Juara Umum di Kelas


Hai, teman-teman :) Saya ingin berbagi tips bagaimana cara belajar agar menjadi juara umum di kelas. Semoga bermanfaat. Coba saja lakukan langkah-langkah di bawah ini ya? Kalo dilakukan dengan tulus dan sungguh-sungguh pasti tercapai kok keinginan para readers :


1.       Berdoa dengan tulus dan berserah kepada Tuhan yang Maha Esa
Jangan pernah meremehkan kekuatan doa ya, temans! Agama apapun,pasti tetap mengajarkan doa, bukan? Seperti kata orang bijak “Ora et Labora” (betul gak ya tulisannya?), yang artinya berdoa dan bekerja. Jadi, hasil kerja kita gak akan mempan kalo tanpa kekuatan doa. Begitu juga doa kita gak akan terkabul kalo kita gak bekerja sama sekali. Makanya, hayo! Semangatlah untuk berdoa dan bekerja!
Begini, kalo kalian pernah merasa udah berdoa sering-sering dan panjang-panjang kok doa gak dikabulin ya? Jangan salah, teman-teman. Tuhan pasti turut bekerja dalam hidup kita melalui doa yang kita haturkan. Bisa saja melalui keberuntungan yang kita dapat, cuman mungkin aja kita yang nggak menyadarinya. Oleh karena itu, sadarlah teman-teman atas uluran tangan dari Tuhan! (Nah, loh kok malah jadi kayak kothbah ya? Haha).
Kalo saya sendiri sih pernah merasakan uluran tangan dari Tuhan, dan itu sangat berarti buat saya. Misalnya, seperti saat ulangan. Kalo pilihan ganda, pernah saya merasa sama sekali tak tahu jawabannya, lalu saya berdoa memohon ilham dari Tuhan dan rasanya saya mendapat pencerahan dan tangan saya menyilang jawaban yang rasanya itu jawabannya.
Begitu pula essay, saya juga gak tau apa jawaban dari soal essay itu. Nah saya juga berdoa memohon ilham datang, jadi saya tulis semasuk-akal mungkin beserta ilham-ilham yang saya dapat (ya walaupun jawabannya rada-rada ngeles). Tapi ternyata jawaban saya betul loh, teman! Jadi, kalo udah gak tau sama sekali, tutup mata berdoa serta berserah diri kepada Tuhan maka mudah-mudahan teman-teman akan mendapatkan ilham ataupun ingat kembali atas jawaban kalian yang lupa.

2.       Bulatkan tekad dan niat untuk berjuang mencapai prestasi
Tekadkan dulu deh niat kalian, teman-teman! Kalo tekad, di benak aka nada rasa semangat yang menggebu-gebu. Jadi tips tips dari saya akan sangat bermanfaat kalo kalian bersemangat menjalankan setiap tahap dari tips saya ini. Cara bulatkan tekad gampang kok! Ya, tinggal bayangin aja bagaimana rasanya suatu saat impian kalian berhasil. Seru lho kalo kita bisa menjadi bagian dari orang-orang berprestasi , ada kebanggaan tersendiri. Atau kalian bayangin aja bagaimana orang tua kalian akan bangga sama kalian.
Kalo misalnya di dalam diri kita nggak ada semangat, yang ada malah kemalasan. Hayo, guys! Jadi remaja itu harus punya semangat yang menggebu-gebu.. Tanamkan dalam diri kalian semangat bersaing.

3.       Bersikap jujur dalam bersaing
Jujur itu penting banget lho! Buang jauh-jauh deh ketidakjujuran. Misalnya pas ulangan, kalian nyontek kan itu berarti gak jujur. Benar yak, kalo kita nyontek terus dapat nilai tinggi itu rasanya nggak enak, kita gak dapat feel nilai ulangan tinggi (pengalaman pribadi :p). Feelnya jauh lebih dapet kalo kita jujur dalam mengerjakan soal ulangan. Percuma juga nyontek, itukan berarti bukan nilai individu kita. Gak seru! Lagipula, nilai kita juga nggak diridhoi sama yang Di Atas.

4.       Bikin list orang-orang yang menjadi saingan anda
Ini buat memotivasi aja. Jadi begini, tulis di suatu buku (terserah mau buku atau kertas) daftar orang-orang yang akan menjadi saingan anda. Kalo di buku, disimpan dan dibaca terus-menerus atau kalo perlu buku yang bisa dibawa kemana-mana. Kalo di kertas, temple di dinding kamar. Kalian tulis nama rival kalian per pelajaran. Misalnya  :
Matematika : Andi (yang paling pinter ngitung)
Bahasa Indonesia : Bunga (yang paling pinter nulis)
Biologi : Sani (yang paling jago ngapal)
SBK : Seli (yang paling jago bikin karya seni).
Pokoknya semua pelajaran yang kalian pelajari, di sekolah kalian deh. Setiap pelajaran boleh lebih dari satu orang. Jadikan mereka sebagai standart kalian! Untuk matematika, kamu usahakan nilai kamu sama atau lebih baik dari Andi, Bahasa Indonesia juga sama atau lebih baik dari Bunga, dst. Kalian harus diatas mereka, makanya mudah-mudahan dengan cara ini kalian akan timbul motivasi.

5.       Jangan mencatat ketika guru menjelaskan, perhatikan dan pasang konsentrasi  sebaik mungkin
Kalo guru lagi menjelaskan suatu materi, jangan catat deh fokusin sama apa yang guru kalian jelaskan. Kecuali gurunya emang suruh langsung nyatat (nah itu urusan kalian). Kalo kita nyatat pas guru kita menjelaskan, maka konsentrasi kita akan pecah. Dengarkan sebisa mungkin, liat tulisan yang guru kita buat ketika menjelaskan, atau tulisan yang beliau tunjuk.

6.       Kalo nggak ngerti, jangan malu bertanya
Seperti kata pepatah, “Malu bertanya sesat di jalan”.. Kalo benar-benar nggak ngerti, katakan saja pada guru (kalo gurunya nggak killer, kalo killer saya nggak tanggung jawab ya :p). Kalo gurunya memperbolehkan kalian bertanya (ya pasti boleh), tunjukkan saja bagian mana yang kalian tanyakan. Tunjukkannya yang spesifik, jangan kalo ditanya guru “gak ngerti dibagian mana?”, kamunya jawab “semuanya, pak”. Kalo gitu, gurunya bakal bingung jelasinnya, dan malah cuman ngulang, ya itupun kalo kalian ngerti, kalo malah makin bingung?
Nah, maka tunjuk secara spesifik bagian mana yang gak dingerti. Kalo kalian memang benar-benar nggak ngerti semuanya, ya tunjuk saja bagian awal dari penjelasan guru. Alasan kalian gak ngerti semua kan karena gak ngerti bagian awalnya, otomatis sampai kebawahnya. Malah untungnya terkadang kalo kita yang nggak ngerti seluruh materi yang dijelaskan guru, kalo kita tnya guru pas bagian awalnya, otomatis kebawahnya langsung ngerti. Misalnya :
5x + 3 = 6
5x = 6-3
5x= 3
X = 3/5
X= 0.6
Tanya saja, misalnya kamu nggak ngerti semuanya, Tanya bagian awalnya yaitu “pak, kalo jadi 5x=6-3?”. Bapaknya pasti bisa jawab “3 disebelah kiri kan bernilai positif. Kalo pindah ruas ke kanan maka nilainya akan berubah menjadi negative. Makanya 5x=6-3”. Nah pasti kalian bakalan ngerti sampai kebawah-bawahnya.

7.       Kalo malu bertanya sama guru, tanya kepada teman yang mengerti
Kalo punya temen pintar itu jangan didiemin , yaa dimanfaatin dong :p haha, gakk kok! Maksudnya dimanfaatnya dalam arti positif. Kalo misalnya gurunya killer, dan kalian udah bener2 takut dan malu bertanya sama guru. Ya tanyakan saja sama teman kalian yang mengerti. Dan seperti tips sebelymnya, jangan jawab “nggak ngerti semua”.. Tunjuk saja bagian spesifik bagian yang nggak kalian ngerti kepada teman kalian yang ngerti.. Minta dia jelasin kenapa bisa seperti “itu”.

8.       Setelah guru memberi waktu luang untuk mencatat, catatlah dengan bahasa kalian sendiri
Misalnya kalian sudah benar-benar mengerti penjelasan guru kalian, okeh catatlah di catatan kalian. Tapi usahakan jangan terlalu mengikuti bahasa guru kalian atau “CBSA”. Kalian catat tapi kalian gak ngerti apa yang kalian catat karena kalian hanya sekedar catat. Itu nggak boleh, sia-sia dong kalian catet panjang2. Jadi cari saja idepokok dari penjelasan guru kalian, ntar kalian kembangin sendiri dengan bahsa kalian sendiri. Kalo misalnya tentang hitung-hitungan.. Kalian (kalo mau dan kalo bisa) bikin kolom khusus untuk kolom penjelasan yang kalian buat sendiri, mungkin itu berdasarkan penjelasan tambahan guru tentang hitung2an tapi gurumu tidak menulisnya di papan tulis. Contoh penjelasan, misalnya (Materi Polinom kelas 11 yang pernah saya buat) :
Misalnya f(x) mengandung unsur m (terserah sih simbolnya apa) terus dibagia (x-a) sama dengan 0
Jadi langsung saja -> f(x) = 0  -> f(a)= 0
Unsur-unsur dari f(x). xnya diganti a terus sama dengan 0
Maka m akan ketemu.

9.       Buatlah kelompok belajar
Kalo mau buat kelompok belajar, jangan terlalu ramai. Kalo keramaian, ujung-ujungnya bukan belajar, yang ada malah bergosip atau main-main (pengalaman pribadi lagi :p). Maksimal 5 deh. Usahakan salah satu dari anggota kelompok belajar kalian itu ada yang bisa mengajar (sebagai pemimpin diskusi).
Usahakan juga salah satu dari anggota kelombok belajar kalian itu menghidupkan suasana (ceria), jadi diskusi belajar kalian nggak ngebosenin yang ada malah seru. Jadi belajar serius tapi santai, nggak terlalu kaku. Usahakan juga salah satu dari anggota kelompok belajar kalian ada yang jago ngapal (maksudnya sebagai yang membuat kesimpulan diskusi kalian). Soalnya ini ampuh banget lho, bikin materi nya makin nempel di otak kalian. Jadi pas di akhir diskusi kalian, bakal disimpulkan secara lisan oleh teman kalian dan kalian mendengarnya, pasti akan lebih ingat akan materi diskusi.
Dalam diskusi kelompok, jangan malu-malu menyampaikan pendapat. Misalnya lagi sama-sama mikirkan suatu masalah, terus sama-sama mencari jawabannya.  Sampaikan saja jawabanmu, tapi kalian semua harus menjelaskan alasan kenapa kalian memilih jawaban itu. Jadi ketika kalian bermusyawarah, kalian akan menemukan jawabannya berdasarkan alasan yang paling masuk akal dan bisa disepakati bersama. Dengan perdebatan beserta argumen2 dan alasan kalian maka akan lebih nempel ke otak kalian.!!

10.   Jangan SKS (Sistem Kebut Semalam)
SKS itu nggak bagus, makanya kalo mau ulangan persiapannya minimal 5 hari sebelum ulangan. Jadi belajarnya nyicil, misalnya ulangan hari sabtu. Hari senin sudah ancang-ancang. Belajarnya nggak usah lama-lama, ya bentar aja. Pokoknya jangan sampai membuat otak kalian ngerasa tegang deh. Hari senin mulai nyicil, hari selasa nyicil lagi, rabu nyicil lagi, kamis nyicil, kalo udah abis nyicilnya, jumat dan sabtu tinggal ngulang baca. Ngampang kan ? :D jadi otak kita nggak tegang. Justru kalo belajar SKS, bakalan cepet lupa! Rasanya sia-sia kita belajar. Lagipula kalo belajar sehari sebelum ulangan doing otomatis bakalan kebut habis-habis, dijamin deh bakalan mantul!

11.   Buatlah ringkasan materi untuk ulangan
Ambil kertas kecil, atau kertas yang bisa dilipat. Baca buku materi kalian, cari ide pokoknya. Tulis kembali ide pokoknya itu di catatan kecil kalian menggunakan bahasa sendiri . karna dengan menggunakan bahasa sendirii maka akan lebih nempel di otak kalian. Kertasnya yang simpel2 aja biar mudah dibawa kemana-mana. Jadi bisa belajar sambil boker :p sambil makan, sambil nonton tv, pokoknya sambil nyantai deh kamu bisa baca ringkasan yang kamu buat itu.

12.   Cari suasana belajar (membuat ringkasan) senyaman mungkin
Usahakan belajar kita nggak terlalu kaku. Santai aja, brow! Kan bisa serius tapi santai. Mungkin kalian tipe orang yang suka mendengar music, ya dengarkan aja selama nggak mengganggu konsenrasi kalian, atau kalian tipe orang yang belajarnya suka di tempat sepi. Ya menyendiri aja nggak papa-papa kok :D Atau belajar sambal ngemeal, oke silakan .. nikmati belajar kalian agar menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kalo bisa jadikan saja belajar sebagai hobby, okeh? :P

SELAMAT BERJUANG….!!!!

Semoga bermanfaat :)

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...